Kamis, 15 Maret 2012

Dampak positif dan negatif GAMES bagi anak sekolah :)



Seringkali kita melihat banyak anak-anak sekolahan baik SD, SMP, SMA yang ketagihan atau dalam artian lain kecanduan GAMES. Entah games di komputer, di psp, di NDS, ataupun di PS bahkan untuk saat ini IPad juga sebagai media bermain game yang mengasyikkan. Namun semua itu tentunya memiliki dampak yang positif maupun negatif baik secara langsung ataupun tidak akan memengaruhi sekolah mereka maupun kehidupan mereka. Berikut dampak positif dan negatif dari GAMES yang digandrungi para anak-anak ataupun remaja pada saat ini :

DAMPAK POSITIF : 
a. Menjadikan anak tidak jenuh dan dapat refreshing dengan bermain games setelah belajar.
b. Games semakin lama semakin unik, bahkan games juga ada yang memang harus mengandalkan logika, sehingga games juga dapat mengasah kemampuan anak secara logika.
c. Games menjadikan anak tangkas dalam kehidupan sehari-hari, ketangkasan bisa dilihat dari koordinasi tangan dan mata yang harus tangkas saat bermain game akan berdampak juga di kehidupan sehari-hari.
d. Dapat berinteraksi dengan banyak orang, misalnya dengan bermain game online maka mereka akan berada pada suatu komunitas dan menyebabkan mereka belajar untuk bersosialisasi.
e. Beberapa games juga mengandalkan kemampuan untuk memecahkan suatu masalah dalam game tersebut, maka hal ini juga akan berdampak besar bagi kehidupan anak tersebut.
f. Games juga mengajarkan arti sebuah semangat sportivitas sehingga anak dapat mengetahui nilai sportivitas dan harus adil dalam bermain game, hal ini tentunya juga akan berdampak bagi anak.
g. Berlatih untuk bekerja sama, beberapa games juga harus bermain dengan beberapa kelompok atau dalam artian suatu tim, maka di sini anak akan belajar bagaimana bekerja sama dengan sebuah tim.
h. Beberapa games juga membuat kita bermain sekaligus melakukan olah raga. Seperti permainan Nintendo Wii mengharuskan pemain game tersebut untuk bergerak dan tidak hanya diam saja di sofa ataupun di tempat tidur.

DAMPAK NEGATIF :
a. Games juga dapat menghabiskan waktu yang panjang dengan cuma-cuma, padahal waktu yang digunakan untuk bermain game bisa diisi oleh kegiatan yang lebih berguna dan bermanfaat.
b. Games menyebabkan kecanduan dan akhirnya membuat anak lupa waktu. Maka dari itu, pada dasarnya kita harus membatasi diri dalam hal bermain games. 
c. Games juga akan membuang-buang uang dengan percuma, seperti games online kebanyakan akan membuat pemain nya membeli cash atau uang untuk game yang sifatnya sementara.
d. Games juga dapat merusak mata, dalam artian kebanyakan anak harus menghabiskan waktu untuk bermain games di depan layar komputer atau alat-alat games lainnya berjam-jam sedangkan alat-alat tersebut pastinya memiliki tingkat radiasi yang cukup tinggi.
e. Games juga akan merusak cara berpikir anak, hal ini disebabkan cara berpikirnya akan selalu terarah pada game online dan hal ini menyebabkan anak ini diperbudak oleh game tersebut,
f. Games juga akan membuat anak lupa waktu dan tidak melakukan kewajibannya sebagai anak maupun murid.
g. Games juga akan memengaruhi kelakuan anak dalam kehidupan, seperti halnya permainan pukul-pukulan dapat menjadi motivasi yang bersifat negatif, sehingga bisa saja anak melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.
h. Games membuat hidup tidak teratur, biasanya anak-anak ada yang sampai begadang di tengah malam dan pada esoknya di sekolah sangat mengantuk dan menyebabkan tidak berkonsentrasi,

Sekian info yang bisa kuberikan dan semoga semua anak yang suka bermain game sadar bahwa memang bermain game merupakan suatu yang menyenangkan namun disamping itu juga banyak dampak negatif yang berpengaruh pada kehidupan. Semoga bermanfaat. Xoxo.

1 komentar:

  1. Kak, blognya bgus bgt.. boleh tanya kak? caranya gimana bs ngedesign blog kaya gini?

    BalasHapus